Prinsip K3 Dalam TIK

Pengguna user atau komputer kadang-kadang berada di depan komputer berjam-jam bahkan berhari-hari. hal itu disebabkan karena tuntutan pekerjaan atau hobi. agar kesehatan tidak terganggu, maka dibutuhkan kenyamanan keadaan user maupun hardware komputer. untuk nyaman di depan komputer, maka kita harus memiliki posisi yang benar, baik posisi duduk, mata, dan posisi tangan di keyboard. Posisi duduk yang benar di depan komputer antara lain tempat duduk yang ideal dan bersandar, kursi yang ideal bisa berputar dan dapat diatur tinggi rendahnya. tempat duduk yang tidak nyaman dapat mengakibatkan kelelahan pada punggung. yang kedua adalah posisi mata terhadap mata. posisi mata pada layar harus lurus dan tidak terlalu tinggi atau rendah. jika posisi layar lebih tinggi atau rendah maka leher akan menjadi cepat lelah. layar yang digunakan sebaiknya layar yang low radiasi. saat ini sudah ada layar jenis LCD, Layar LCD sejuk di mata dan aman dari radiasi. Jika menggunakan CRT, layar diusahakan disetel tidak terlalu terang Karena dapat mengganggu penglihatan matasehingga lama-kelamaan akan menjadi rabun. untuk menghindari kerusakan mata, kita dapat juga menggunakan kaca anti radiasi. Demikian juga posisi tangan pada keyboard. tangan paling banyak melakukan aktivitas dibandingkan pancaindera lainnya.karena hal inilah maka posisi tangan pada keyboard harus dibuat senyaman mungkin sehingga tangan tidak cepat lelah. pilihlah tuts keyboard yang lembut dn gunakan jari sebanyak mungkin untuk mengetik.

B. MEMPERAGAKAN POSISI DUDUK YANG BAIK DAN BENAR

Posisi duduk yang benar adalah mengahadap komputer lurus, tidak menyamping, atau menmbentuk sudut terhadap komputer. posisi punggung lurus, dapat diperoleh jika posisi mata dengan layar lurus. Kursi yang nyaman tidak harus mahal, yang penting ada sandaran dan posisi duduk bisa bebas. jika menggunakan komputer dalam waktu lama, istirahatlah sebentar atau berdiri untuk meluruskan pinggang. Jika duduk dalam waktu yang lama maka punggung kita akan kekurangan oksigen sehungga menjadi nyeri. agar rasa nyeri itu hilang maka harus dapat menormalkan kembali aliran oksigen ke punggung.

C. CARA MENGGUNAKAN KOMPUTER DENGAN MEMPERHATIKAN K3

Pertama adalah komputer harus diletakkan di tempat yang aman. aman dari jangkauan anak-anak, dari api, dari penyinaran matahari secara terus-menerus dan aman dari percikan air. Komputer harus jauh dari jangkauan anak-anak karena anak-anak tidak tahu bagian yang paling sensitif dari komputer sehingga kadang-kadang meraka menghidupkan dan mematikan komputer semaunya tanpa memprdulikan prosedur yang benar. Selanjutnya adalah langkah penggunaan komputer. setiap pemakaian komputer harus diawali dengan memasang stop kontak untuk power suply kemudian menghidupkan power. stop kontak yang digunakan sebaiknya yang mantap,tidak goyang shg arus listrik tdk terganggu. kabel di komputer cukup banyak maka harus dihindari kesemrawutan, kabel dapat dirapikan dengan mengisolasi atau mengikatnya dengan karet. stabilizer harus igunakan karena arus listrik yang tidak mantap dapat menyebabkan kerusakan pada hardware dan kebakaran. sesudah stop kontak dipasang maka dilanjutkan dengan menekan tombol on atau off. perlakuan ini dikenal dg cold booting. proses booting dingin ini sebaiknya dilakukan dg hati-hati dann tidak berulangulang. kemudian tunggu beberapa saat karena komputer sefdang menset sesuai bios dan mengecek perankat komputer. jika semua sudah siap maka komputer akan menampilkan desktop. bila dalam operasional komputer ada gangguan atau hang kita harus melakukan restrat ulang dg menekan tombol restrart pada CPU atau tombol CRT, ALT, dan DEL secara bersama-sama. yang dikenal dengan warm booting.

Leave a comment